Saturday 3 January 2009

Clash Action

Berita soal tingginya kunjungan wisatawan ke Sumbar ko memang alah acok bana dimuek baiak dek koran lokal maupun oleh media lain di Padang...bagi ambo itu sah sah sajo, namun dari sisi jurnalistik (dek karano ambo pernah jadi wartawan) sangat disayangkan karano sumber dari berita ko cuma kapalo dinas pariwisata surang se...

ciek lai...dalam pandangan ambo, apo yang disampaikan oleh kepala dinas dan direkam serta diberitakan mentah mentah oleh wartawan ko sangat tidak masuk akal darima Pak Kapalo Dinas ko maambiak data..? apakah dari angka kedatangan penumpang di Bandara, atau dari angka penjualan karcis ke tempat wisata sangat tidak jelas dan tidak pula di jelaskan oleh kedua belah piak yang menurut ambo alah samo samo manjua kecap. 

Kalau data yang diambiak adalah data penumpang pesawat terbang di Bandara Internasional Minangkabau maka kacau balau lah sadonyo...sebab (sebagai bahan masukan) salamo bulan Oktober sampai Desember ko se ambo alah 9 kali bolak baliak ka Padang melalui BIM. dan baitu juo dengan kawan atau dunsanak lainnyo. 

AMbo pernah batamu dan maota lamo jo Da Ade (dulu di Rimbun Sumatera Tours and Travel) inyo juo heran sebab sapangatahuan inyo jumlah kunjungan wisatawan tidak mengalami kenaikan yang signifikan do.. 

Ambo kiro dalam dalam hal iko MAPPAS sebagai lembaga yang peduli dengan pariwisata hrs mengeluarkan pernyataan agar kekeliruan ko indak balanjuik taruih doh atau setidaknya minta klarifikasi soal angka kunjungan yang fantastis tu..

Ciek lai ambo dalam beberapa hari ko acok ceting jo kawan kawan yang  mangadu banyak koleganyo membatalkan kedatangan ka Bukiktinggi gara gara Walikota ma'agiah baju ka Jam Gadang tu..

Ambo kiro agar penutupan jam gadang ko indak jadi event tiok tahun yang akan merugikan wisata Sumbar, ancak awak kumpuakan tanda tangan untuak menolak PENUTUPAN JAM GADANG pada tahun berikutnya..dan sekaligus mewacanakan untuk melakukan gugatan CLASH ACTION terhadap Walikota Bukittinggi karano keputusannyo MENUTUP JAM GADANG..

Kenapa Clash Action/Legal Standing dan kenapa pula hal ini perlu kita lakukan khususnya kawan kawan di ASITA dan PHRI karena Jam Gadang bukan lagi menjadi milik orang Bukittinggi namun Jam Gadang sudah menjadi ikon nasional dan ditetapkan sebagai salah satu lokasi tujuan wisata indonesia. 

Kita sering melihat iklan iklan di TV, Majalah, adanya gambar Jam Gadang dalam iklan promosi pariwisata Indonesia. Jadi dapatlah kita tarik kesimpulan bahwa keputusan pemerintah kota Bukittinggi menutup Jam Gadang adalah sebuah tindakah yang sangat disesalkan dan tidak menghormati aset budaya dan pariwisata nasional.

No comments:

Post a Comment