Saturday 17 January 2009

Stase THT yang mengesankan...

Hwaaaaaaaaaaaaaaaaoooooohhmmm....
Wah, udah ga terasa ya sebulan lebih koass di THT Wonosari. Selama sebulan banyak banget hal yang aku dapat. So Pasti ilmu, pengalaman dan juga teman. Dunia baru yang sebelumnya belum pernah aku alami di dunia kampus, Ya Dunia baru itu adalah dunia Rumah Sakit.

Awal mula koass sebenarnya masih blank, belum ada gambaran sama sekali. Tapi alhamdulillah setelah melalui proses yang panjang dapat gambaran dan ga perlu adaptasi lama-lama karena lingkungan rumah saki cukup kondusif.

Awalnya masuk Stase THT, ketemu sama pak nandar (thanks ya pak, sudah membimbing kami selama ini), sama beliau diantar ke poli THT, kebetulan disana ada perawat bu hantari, (panggil aja bu tari.red). Kebetulan juga disana ketemu teman-teman dr FK UGM untuk ambil kasus. Wah enangnya ketika awal masuk lingkungan cukup ramah.

Selang beberapa menit kemudia datang dr.Indera, nah beliau ini supervisor DPK THT FK UII. Hmmppfff... Sumpah dr.Indera enak banget, selalu ditentir dan diberi banyak sekali ilmu tentang THT. begitu juga dengan bu tari, udah banyak memberi masukan, koreksi dan ilmu yang buanyaaak..

Buat teman-teman yang akan masuk stase THT siapin dari sekarang ya tulis dibuku besar tentang anatomi, fisiologi hidung, telinga dan tenggorokan. Kitab yang dipake THT FK UI, udah lengkap kok disana. Oiya, dibuku besar dibuat resume tentang THT.

Kan ada penugasan jurnal sama presus, untuk jurnal cari aja 3 buah jurnal yang kompetensi dokter umum. Di critical apprisal tentang jurnal tersebut dan dipresentasikan. Oiya untuk presus ambil kasus yang bagus semisal waktu aku koass banyak banget kasus bagus dibangsal ex Angina Ludwig, Ca Nasofaring.

Kalau ada pasien dibangsal jangan lupa setiap pagi sebelum ke poli follow up pasien yang ada di bangsal sekedar anamnesis, px fisik secukupnya pasti pasien udah seneng banget. Setelah itu ditulis di form visite dokter tentang keadaan pasien dan ditanda tangani.

Di Wonosari banyak banget kasus Otitis Media Akut (OMA), Otitis Media Kronik (OMC), Cerumen Prop (CP), Cholesteatom, Corpal telinga. Ada juga rhinitis alergi dan vasomotor trus juga sinusitis, polip. Untuk tenggorokan pelajari aja tentang tonsilitis, faringitis. Hmm.. Piye banyak too..

Sumpah dech pengalaman di wonosari unforgettable pokoknya, apalagi kalau selles obat datang (tapi yang ini off the record ya.. hanya anggota stase THT aja yang boleh tau, yang lain nanti dulu...)) hehehe..

GOOD LUCK dech buat teman-teman yang mau persiapan masuk stase selanjutnya. Kapan-kapan kita sharing lagi ya.. OK??

No comments:

Post a Comment