Wednesday 3 December 2008

Janji Dokter Muda, Sobat..Semangat??!!

Kemarin, tepatnya hari Selasa, 2 Desember 2008 pukul 10.00, Aku beserta 25 teman yang lainnya diambil sumpah sebagai dokter muda. Walaupun tanpa didampingi ortu, tetapi aku sudah siap dengan mental baja melangkah ke mimbar dengan gagah dan berwibawa..bergetar hati ini ketika, 10 lafal sumpah aku sebut dipandu oleh salah seorang teman.

Substansi akidah ada disana, dan hal itu yang semakin menambah bergetarnya hati ini. Sadar bahwa apa yang aku lakukan selama ini hanya setitik air dalam lautan samudra yang luas.Walaupun prosesi berjalan cukup singkat, tetapi dilakukan dengan penuh khidmat. Ketika prosesi berjalan diawali sambutan demi sambutan.

Sejenak merenungi bahwa ternyata sumpah tersebut adalah suatu ikatan yang sifatnya vertikal, antara manusia dengan Allah karena awal prosesi dibacakan syahadat. Keterikatan substansi syahadat tersebut pada dasarnya mengikat aku selam koas.Ini merupakan suatu hal yang baik karena selama koas kita membawa nama fakultas, nama diri sendiri dan nama besar keluarga. Jadi segala tindak tanduk kita selama koas harus benar-benar dijaga. Apapun yang terjadi "jangan sekali-kali mengorbankan akidah untuk duniawi"Rasa sedih dan senang bercampur menjadi satu.

Sedih karena harus berpisah dengan teman-teman yang dulu awalnya kita masuk bersama, kita senang bersama, kita arungi dunia kuliah bersama. Tetapi.. Koas kita sudah mulai berpisah, perpisahan awal yang sebenarnya memperispkan kita untuk menghadapi perpisahan yang lebih besar nantinya.Aku berusaha untuk tegar ditengah-tengah kebahagiaan semua teman. Tetapi sesungguhnya hati ini teriris, ketika flash back bahwa aku harus berpisah sementara dengan teman-teman.

Sobat, maafkan aku..Bukan maksudku untuk pergi koas mendahului kalian..Jujur masih ingin bersama-sama kalianIngat kenangan kita dahulu, suka duka kita arungi bersama dalam wadah angakatan 2004..

Kalian harus tetap berjuang, kalian harus buat target kapan KTI selesai, kapan wisuda dan kapan akan koas.. Kalian harus berubah dan mampu mengubah??!! Apa aja, segalanya.. kalian harus punya target walaupun untuk mencapai target tersebut harus tertatih tatih, jatuh bangun itu sudah biasa, justru dengan jatuh bangun itu kalian akan ditempa lebih dan mempunyai mental baja, bukan mental krupuk yang mudah layu..

Akan terasa perbedaan yang sangat mendalam, ketika kalian yang sudah terbiasa jatuh bangun dan tertempa dengan kuat dibanding dengan orang lain yang cenderung lebih menghindari jatuh bangun hanya dengan menggunakkan kendaraan yang tentunya lebih nyaman. Mereka pengecut, mereka orang-orang yang kalah, mereka adalah orang-orang yang tidak mau berjuang seutuhnya dan seikhlasnya. Yakinlah bahwa kalian akan menjadi pemenang??!!Sobat, menghindari aral yang besar dengan melewati aral yang kecil itu juga tidak mendidik, pengecut. Mental-mental comprador..

Sekarang apa yang kalian akan hadapi, misal proses or prosus. yaudah total disana, fokus disana jangan goyah walaupun aral mengahadang. Kalau ada masalah, misal bagi kamu yang punya pacar mulai macam-macam, Tinggalkan??!! karena dia bukan yang terbaik buatmu,. yang terbaik adalah yang mamu memahami posisimuJika ada masalah keluarga, hadapi dengan tegar dan ikhlas tapi sambil berdoa. PAsti ada jalan keluar, dan sobat harus yakin akan hal itu.,. dibalik kesusahan pasti ada kemudahan..Bagi yang KKN, juga tetap semangat.. sante aja ya, dan nikmati serta jangan jadikan beban.. Enjoy Ajaaa..bagi yang siap koas, jangan mudah puas karena sesungguhnya perjalanan masih panjang. Ingat substansi syahadat yang kemarin sempat kita ucapkan dihadapan seluruh elemen FK.Intinya :S...E...M...A...N...G...A...T...

No comments:

Post a Comment