Wednesday 26 November 2008

Kenangan Sambutan terakhir sebagai Ketua DPM FK UII

Bismillahirrahmanirrahim

Yang Saya Hormati, Dekan FK UII..

Yang saya Hormati Ketua DPM UII atau yang mewakili..

Yang saya Hormati Ketua LEM UII atau yang mewakili.,

Yang Saya Hormati Ketua DPM FK UII..

Yang Saya Hormati Ketua LEM FK UII.,

Undangan sekalian yang berbahagia..

Assalamualikum wr wb

Segala puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita semua untuk dapat menghadiri majelis ini. Salawat dan Salam senantiasa tercurah kepada bimbingan kita Nabi Muhammad saw yang selalu kita nantikan syafa’atnya hingga akhir zaman.

Sejarah mencatat, bahwa lembaga kemahasiswaan FK UII berawal ketika mahasiswa angkatan 2001 berjuang untuk mendirikan Dewan Presidium. Perjuangan para pendahulu kita perlu kita berikan apresiasi karena ditangan merekalah sejarah dimulai. Perjuangan yang pantang mengenal lelah akhirnya berbuah manis ketika DPM LEM FK UII terbentuk dua tahun yang lalu. Hal tersebut merupakan bagian dari proses yang keberlangsungannya harus kita lanjutkan sampai kapanpun.

Setelah DPM LEM FK terbentuk tentunya perjuangan belum selesai begitu saja. Di awal era DPM LEM FK mengalami masa-masa yang sulit karena dimasa itu merupakan masa transisi dari dewan presidium ke masa DPM LEM. Setumpuk PR sudah menatap didepan mata, mulai dari tertib administrasi, permasalahan defisiensi SDM sampai distorsi pemikiran mahasiswa yang cenderung hedon. Permasalahn tersebut menumpuk dan terakumulasi yang menyebabkan permasalahan tersebut menjadi kronis. Proses awal tersebut dilalui dengan hasil yang cukup baik walaupun dalam implementasinya masih banyak kekurangan. Periode kepengurusan selanjutnya merupakan masa yang cukup berat karena perjuangan harus dimulai dari nol. Pilar-pilar substansi kelembagaan di FK sempat mengalami masa masa genting, namun karena semangat yang pantang menyerah, komitemen yang tinggi sehingga permasalahan tersebut dapat teratasi.

Berangkat dari itu, kami belajar banyak hal tentang lembaga kemahasiswaan, sharing dan juga melakukan komunikasi oleh seluruh eleman bukan hanya dari elemen UII tetapi juga FK lain di Indonesia, kami ingin membuktikan bahwa kami mampu mencetak kader-kader yang mempunyai militansi yang tinggi, komitmen dan konisten dalam berjuang di FK UII. Kami tidak ingin dipandang sebelah mata oleh yang lain, tapi kami ingin dipandang secara menyeluruh sebagai bagian dari keluarga mahasiswa UII. Kami ingin membuktikan bahwa mahasiswa FK bukan mahasiswa yang eksklusif tetapi mahasiswa yang mampu mendobrak tradisi mahasiswa yang cenderung study oriented. Dan hal itu terbukti, kami mampu menempatkan wakil mahasiswa FK di tingkat universitas, kami mampu mendelegasikan mahasiswa FK UII di tingkat nasional. Dan hal tersebut merupakan suatu bukti bahwa kami mampu dan bisa untuk melakukan perubahan sebagai agent of change, agent of development dan agent of treatment.

Periode tahun ini merupakan periode yang baru di FK UII dimana komposisi pengurus DPM adalah 2005 dan 2006. hal ini merupakan suatu fenomena baru karena perubahan sistem pendidikan di FK UII sehingga langkah ini merupakan langkah yang paling objective dalam mengatasi miss generation yang akan terjadi nantinya jika permasalahan ini tidak teratasi. Kami yakin dengan komposisi seperti ini bukan merupakan suatu penghalang karena angakatn 2006 masih cukup baru. Tapi dengan hal ini, merupakan suatu motivasi untuk membuktikan kapabilitas sebagai militan.

Proses perjuangan pergerakan kemahasiswaan FK UII pada hari ini telah sampai pada dermaga berikutnya. Setelah melalui masa-masa yang cukup sulit akhirnya peak moment pada pagi hari ini akan tercatat dalam tinta emas sejarah lembaga kemahasiswaan FK UII.Satu tahun merupakan waktu yang cukup singkat untuk melakukan pembenahan diri, satu tahun merupakan waktu yang cukup singkat untuk melakukan perubahan dalam membangun pondasi kelembagaan di FK UII. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan diperiode kami karena keterbatasan waktu sehingga harus diselesaikan diperiode berikutnya.

Kami meyadari bahwa untuk menegakkan pilar substansi lembaga di FK sangat susah bahkan harus terjatuh dan terjatuh. Namun hal itu bukan merupakan suatu hambatan atau rintangan, melainkan merupakan suatu cambuk untuk tetap berjuang dan berjuang, bekerja dan bekerja agar kelembagaan di FK tetap eksis.

Kami ucapkan selamat dan sukses kepada DPM yang baru dibawah nahkoda saudari Nurmala Sari, ditangan teman-teman DPM yang barulah nyawa ini berada. Ditngan temn-temanlah keberlangsungan lembaga kemahasiswaan FK UII ini berada.

Terakhir dari kami, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh civitas akademikan FK UII yang selama satu tahun ini sering kami repotkan. Kami memohon maaf yang sebsar-besarnya atas segala kekurangan dan kekhilafan yang pernah terjadi. Semoga Allah meridhoi segala perjuangan kita, semoga Allah memberikan kemudahan dan kelapangan dalam setiap aktivitas kegiatan kita di kampus. Kita dedikasikan segala perjungan dan pengorbanan teruntuk almamater tercinta, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.

Billahitaufiq walhidayah

Wassalamualikum wr wb

Jogjakarta, 10 Mei 2008

Ketua DPM FK 2007/2008

Sani Rachman Soleman.



No comments:

Post a Comment