Wednesday 5 November 2008

Perjalanan masih panjang...

Alhamdulillah, atas izin Allah SWT akhirnya pada tgl 25 September 2008 kemarin sudah selesai diwisuda. Walaupun masih banyak kekurangan, Insya Allah akan memperbaiki sisa-sisa kekurangan yang ada dengan lebih baik pada masa-masa yang akan datang..

Tidak terasa memang ketika awal-awal kuliah dulu, harus belajar ekstra keras karena perlu adaptasi dari gaya belajar SMA dengan gaya belajar pada perguruan tinggi. Walaupun awalnya sempat shock ketika responsi Histologi dapat nilai 1.6, merenungi dan meresapi sebenarnya saya ini bisa atau tidak survive kuliah di FK. Atas izin Allah SWT dan tekad serta niat yang berlipat-lipat Alhamdulillah masih survive sampai sekarang.

Bahkan, masih sempat meluangkan waktu untuk aktif di organisasi, suatu hasil yang luar biasa saya dapatkan, wisuda tepat waktu sebagai aktifis internal kampus. Semangat organisasi sebenarnya sudah ada ketika masa-masa SMP dulu, Ingat sekali dalam memori ini ketika pemilihan ketua OSIS SMP, walaupun akhirnya mendapatkan jabatan sebagai wakil ketua dua tapi cikal bakal jiwa organisasi dimulai di SMP.

Oiya, kita flash back sebentar masa-masa SD ya..
SD di sebuah desa yang terletak digunung, nama SDnya SDN 003 Wonotirto (wono= hutan, tirto = air), sekitar tahun 1992. SD dulu mama yang sering antar ke sekolah naik sepeda tapi lama-lama sampai kelas 4 naik sepeda sendiri dan kadang-kadang jalan kaki kurang lebih 5 km, biasanya kalau pulang sekolah rombongan sama teman-teman lewat pematang sawah, apalagi kalau habisa hujan biasanya pulang sambil main becek-becekan sambil menjinjing sepatu, takut basah ntar dimarahin mama. Masa-masa SD juga ditempa dengan ilmu akhirat, saya TPA di mesjid almuslimin mulai dari iqro 1 sampai khatam dimesjis itu. Setelah pulang sekolah SD jam 1 langsung tancap TPA, seperti biasa lewat pematang sawah dengan irigasi yang mengalir sangat natural banget suasana ketika itu. Pulang TPA langsung mancing, kebiasaan yang tidak pernah hilang bahkan ketika SMA sekalipun..hehehe

Masa-masa SD sudah kulalui sampai tahun 1998. Setelah itu SMP, tepatnya di SMP N 1 Samboja. Dulu aku gendut dengan BB sampai 85 kg. Berangkat SMP naik sepeda dengan badan yang gendut seperti itu agak kepayahan sepedaku sampai bunyi krekot krekot.. Terkadang kalau ada banyak temannya nebeng sampai punya istilah PPKN (pulang pergi kita nebeng), Nebengnya truck dom yang besar, karena badanku besar pasti turunnya terakhir dan kadang sampai jatuh dan bunyi BUG,., (Kata teman2 SMP nangka busuk jatuh.. ASEM?!!)

Biasanya hari jumat setelah jumatan selalu ada pengajian jumat, jadi setelah jumatan selalu berangkat naik sepeda dengan jarak kurang lebih 10 km. Bayangin aja, siang2 bolong ditengah terik panas matahari jalan ke sekolah. Memang sejak SD dan SMP kata teman-teman aku ini gigih dan pantang menyerah (hehehe.. memuji diri sendiri ya??!!)

Setelah masa-masa SMP 3 tahun, baru masuk SMA di SMA N 1 Samboja. Disini mulai mengembangkan diri dengan menjadi ketua OSIS periode 2002-2003 dan ketua MPK periode 2003-2004. Kegiatan OSIS SMA berjalan aktif pada masa periode kepengurusan saya. Baik kegiatan intra dan ekstra, sehingga teman-teman menyenangi saya sebagai pemimpin (hehe..)
Masa-masa SMA yang paling indah adalah ketika dapat proyek pembangunan lapangan volley dan basket dari diknas. Nah kesempatan ini tidak disia-siakan langsung saja biar OSIS dan dewan guru yang mengerjakan, hitung-hitung supaya dapat pemasukan. Proyek yang rencana selesai dalam waktu dua hai ternyata selsai dalam waktu 1 minggu. Capeknya luar biasa, pegelnya luar biasa. Aku ingat waktu itu ngecor, angkat semen, sama angkat air serasa badan ini patah-patah dan semplah.. tapi sekali lagi komitmentku agar bisa dikenang nantinya namaku setelah aku lulus SMA. Waktu semakin berlalu, ujian SMA sudah semakin dekat. Tekad ingin masuk kedokteran membuat semangat ini berlipat-lipat untuk belajar dan sambil disertai puasa.

Akhirnya lulus juga dengan ranking dua.. Alhamdulillah..

Persiapan masuk ujian masuk UII pun sudah didepan mata dan akhirnya dengan semangat, doa dan ikhtiar akhirnya masuk juga di UII..

Memang awal masuk kuliah dulu semangatnya luar biasa, belajar dengn gigih bahkan masih disempatkan waktu untuk aktif di DPM, CMIA dan kepanitiaan lain. Tidak merasa ada hambatan dalam membagi waktu, karena prinsipku jika berbuat untuk kebaikan Insya Allah akan diberi kemudahan oleh Allah SWT.

Sempat menjadi ketua CMIA bahkan ketua DPM FK dan DEP FULDFK, sebenarnya masih dahaga akan semangat organisasi, namun karena waktu belum mengizinkan.

Masa-masa kuliah banyak suka dan duka, mulai dari aktif dikepanitiaaan makrab dengan teman2 angkatan 2004 di tawang mangu yang benar-benar mengasah kemampuan manajemenku disana sampai kemudian terpilih menjadi ketua DPM.

Empat tahun kemudian, setelah semuanya berlalu, pada tgl 25 oktober kemarin aku sudah menyelesaikan studi di FK tinggal menunggu putaran ko ass. Tidak terasa waktu empat tahun aku lalui sampai sekarang. Sedih sebenarnya karena banyak waktu yang terbuang dengan sia-sia dan aku menyadari bahwa perjalananku masih panjang, aku masih harus menggapai cita-cita yang sudah aku impikan dari dulu. Aku masih harus meraih asa yang tersisa untuk belajar dan tidak mudah menyerah dengan rintangan. Justru apapun rintangan yang ada didepan ku sebisa mungkin akan aku hadapi, tidak pedulu seberapa besar tembok yang menghadang dan tidak pedulu seberapa tinggi tembok tersebut. Tapi aku yakin dengan semangat yang pantang menyerah ini AKU BISA, karena jika ada celah sebesar ujung jarum sekalipun dengan kedua tangan ini akan aku buat celah tersebut menjadi sebuah lubang yang besar sehingga setiap orang dapat melaluinya.

Ini belum apa-apa. Semua yang aku lakukan saat ini belum ada apa-apanya, karena aku masih harus berjalan dijembatan yang panjang dengan tetap menundukkan kepala dan tidak akan pernah membusungkan dada.

Segala perjuangan yang aku lakukan selama ini, mulai dari perjuanganku sekolah SD, SMP dan SMA sampai Kuliah ini aku lakukan untuk mencari ridho Allah semata dan semoga Allah membalas semua yang aku kerjakan dengan hasil setimpal.

Dengan membaca bismillah, aku siap terjun ko ass dengan semangat perjuangan pantang menyerah, Insya Allah AKU BISA.

No comments:

Post a Comment