Saturday 27 December 2008

Ketabahan hati pasien Ca Nasofaring

Baru berepa minggu koass THT udah dapat pengalaman segudang. Yang paling hangat ketika bertemu seorang pasien Ca nasofaring, sebut saja namanya Ibu M. Seorang wanita yang usianya relatif muda, sekitar usia 42 tahun. Ketika awal bertemu, tentunya ketika diajak dr.Indera visite disalah satu bangsal RS kami bertemu langsung dengan Ibu M. Rona ketabahan dan kesabaran yang dialami oleh Ibu M memang memberi aura semangat hidup yang tingi untuk seorang pasien Ca Nasofaring stadium 4.

Singkatg cerita ketika kami visite untuk melakukan anamnesis dan pemeriksaan beliau menceritakan dari awal sampai akhhir proses terkena penyakit tersebut. Awalnya hanya mimisan biasa, tetapi kemudian timbul benjolan dibawah leher yang cukup besar. kemudian diperiksakan dan sampai dua kali di PA hasilnya sama positif keganasan.

Segala usaha dan upaya telah dilakukan. termasuk operasi untuk mengangkat tumor, karena daya tahan tubuh Ibu M lemah sehingga operasi tidak dilaksanakan karena jika dilaksanakan tentunya akan membahayakan kelangsungan hidup Ibu M. Salah satu cara yang dilakukan oleh Ibu M adalah dengan pengobatan alternatif, tetapi hasilnya sama tidak ada perubahan.

Ibu M sering keluar masuk RS dengan keluhan mutah darah dan hidung keluar darah. Sudah beberapa kali beliau keluar masuk Rumah Sakit.

Ketika melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik, tidak sedikitpun rona menyerah dan keputusasaan tampak dari dalam diri pasien. Aura yang ada hanya aura Ikhlas dan Pasrah karena segala daya dan upaya telah dilakukan oleh Ibu M.

Ketabahan hati Ibu M memang dapat ditiru dan dicontoh bahwa hanya dengan kepasrahan atas segala usaha dan keihlasan segala apa yang kita lakukan pastinya mendapatkan jawaban dari Allah. Mungkin kita merasakannya sekarang tetapi yakinlah bahwa suatu saat nanti entah didunia ataupun di akhirat akan mendapatkan jawaban dari Allah, Sang Khaliq..

No comments:

Post a Comment