Saturday 25 December 2010

Piala Dunia dan Konsep Perdamaian Bangsa


Artikel ini sudah lama ditulis, namun karena sempat hilang filenya sehingga terlambat di upload. Mari kita diskusikan bersama..

Oleh : dr. Sani Rachman Soleman

Konflik yang melanda dunia yang terjadi sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu semakin memperlebar kesenjangan sosial masyarakat, baik konflik yang sifatnya horizontal maupun yang vertikal. Konflik yang masih hangat dalam ingatan kita dan terjadi sejak puluhan tahun yang lalu adalah konflik Israel Palestina. Konflik kepentingan yang dibungkus oleh konflik ideologi keagamaan telah membuat ratusan, ribuan atau bahkan jutaan rakyat Palestina mati syahid. Konflik lain yang masih hangat dalam ingatan kita adalah konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan di semenanjung Korea. Korea Utara dengan paham komunismenya semakin liar memproduksi uranium untuk pengembangan senjata nuklir, siap menodongkan moncong Tae Po Dong di tanah Korea Selatan. Konflik ini diprediksikan juga sukar sekali untuk menemukan titik ideologis untuk dipersatukan. Konflik di Afrika Selatan antara ras kulit hitam dan ras kulit putih yang riak-riaknya masih berkembang sampai saat ini, walaupun Nelson Mandela sudah menghapuskan politik Apartheid dari negerinya. Disamping konflik tersebut masih banyak sekali konflik di dunia yang melibatkan rezim-rezim berkuasa anti kemapanan untuk melawan hegemoni Amerika Serikat seperti yang terjadi pada negara-negara Amerika Selatan.

Badan Dunia PBB bahkan sudah melakukan berbagai macam strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Di mulai dari cara diplomasi sampai perundingan damai dan bahkan instruksi PBB jelas, penghentian gencatan senjata. Namun semua instruksi tersebut tidak dipernah direspon dengan baik dan jika direspon semuanya sudah terlambat karena sudah ratusan atau bahkan ribuan rakyat tidak berdosa menjadi korban. Kecaman demi kecaman yang dilontarkan oleh negara-negara dibelahan bumi lainnya seolah-olah tidak ada gunanya. Peran dari organisasi-organisasi di dunia untuk ikut urun rembug menyelesaikan permasalahan ini seolah-olah hanya lip services belaka untuk menenangkan sesaat gejolak yang terjadi. Sebagai contoh, peran dari Liga Arab dalam proses perdamaian di Timur Tengah, apakah negara-negara Arab juga ikut tutup mata memanfaatkan konflik tersebut agar harga minyak dunia menjadi fluktuatif yang dimanfaatkan oleh segelintir orang berdasi untuk mengeruk keuntungan. Jelas dipertanyakan peran dari Liga Arab yang notabene secara teologi sama, mereka adalah negara-negara Islam seharusnya memiliki solidaritas yang kokoh antar ummat. Coba dicermati peran negara-negara OKI termasuk didalamnya Indonesia, sejauh mana kontribusi Indonesia yang mayoritas pemeluk agamanya adalah Islam untuk berperan serta untuk menjaga ketertiban dunia dan berperan serta menciptakan perdamaian abadi serta keadilan sosial sesuai dengan amanat UUD 1945. Semua wacana dan konsep perdamaian yang digodog dalam meja perundingan hanya bualan semata tanpa ada konsep implemetasi yang jelas. Badan Dunia PBB, Liga Arab dan OKI sendiri harus mampu merumuskan suatu konsep perdamaian yang melibatkan organisasi dunia lain karena disanalah akan ditemukan suatu titik perdamaian yang sudah ditunggu-tunggu. Sebuah titik perdamaian yang masuk melalui olahraga yang digemari oleh seluruh dunia, sepakbola.
Badan Dunia PBB sudah harus berfikir ulang untuk melibatkan FIFA dalam proses perdamaian, bukan hanya berkutat pada organisasi yang concern tentang proses perdamaian saja. Terbukti proses perdamaian yang dibungkus melalui sepak bola cukup efektif dalam menjaga kondusifitas daerah konflik. Sepak bola dharapkan dapat menjadi pemersatu disparitas yang sempat membelah kepentingan individu dan kelompok menjadi dua kubu yang saling bertentangan. Sepak bola terbukti mampu menyatukan ideologi yang sempat terkoyak oleh kepentingan individu atau kelompok tertentu. Sepertinya titik ini merupakan sebuah celah perdamaian yang harus dijembatani agar proses perdamaian bukan hanya sebagai retorika belaka. Jika flashback pengalaman Piala Asia beberapa waktu yang lalu di negara-negara ASEAN, siapa yang dapat memprediksi bahwa Iraq akan keluar menjadi jawara Piala Asia. Ditengah-tengah konflik ideology yang berkembang subur di negara tersebut disamping itu dengan persiapan tim Iraq yang tidak matang karena nightmare yang menghantui pemain Iraq. Tentunya semua pihak lebih menjagokan Korea Selatan ataupun Arab Saudi sebagai pemegang tampuk juara. Disamping lebih siap, stabilitas keamanan negara tersebut lebih terjamin. Namun semuanya terbalik dan berimbas positif terhadap kondusifitas dalam negeri Iraq saat itu yang benar-benar hancur lebur pasca kirisis. Ketika para punggawa Iraq pulang ke negeri seribu satu malam tersebut disambut bak pahlawan. Betul mereka adalah pahlawan, pahlawan untuk pemersatu konflik kepetingan Sunni-Syiah yang tumbuh subur di Iraq. Semua rakyat tumpah ruah bersuka cita, tidak pandang buluh apakah mereka muslim atau nasrani, apakah mereka suni atau syiah, yang jelas semuanya saling bergandengan tangan dan saling berpelukan. Semuanya melebur menjadi satu dalam euphoria sesaat.
Sungguh sayang, euphoria perdamaian ini tidak berlangsung lama karena setelah semua rakyat Iraq klimaks dengan kemenangan, semuanya akan kembai sepert sedia kala. Suni dan syiah kembali mengambil jarak, muslim dengan nasrani kembali membuat gap, terror demi terror mengancam stabilitas keamanan, bom dijadikan barang halal untuk melegalkan terror. Semuanya kembali sedia kala. Permasalahan ini tidak dicermati secara komprehensif bahwa ternyata sepak bola mampu meredam gejolak yang memanas. Badan Dunia PBB seolah-olah tidak mau ambil pusing dengan euphoria sesaat yang ternyata sangat efektif untuk menciptakan perdamaian. Liga Arab pun seolah-olah ingin cuci tangan acuh melihat permasalahan ini. Idealnya memang harus ada jembatan untuk menjaga euphoria damai tersebut agar tidak hilang ketika trofi itu sudah tidak dalam genggaman. Perlu duduk bersama untuk merumuskan suatu postulat yang mampu menjaga stabilitas perdamaian dunia. Sudah saatnya PBB merangkul FIFA untuk duduk bersama. Inilah saatnya, momentum Piala Dunia yang mempertemukan seluruh bangsa-bangsa di dunia hadir memberikan sajian damai.
Momentum Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan adalah titik kulminasi untuk bicara satu kata, damai. Dimana dalam momentum ini, mempertemukan seluruh bangsa-bangsa di dunia yang ambil bagian untuk mensukseskan hajatan dunia ini. Negara-negara konflik pun ikut serta dalam turnamen tersebut, Korea Utara dan Korea Selatan mewakili Asia. Negara-negara Amerika Selatan dengan Amerika Serikat yang semakin menegang. Belum lagi negara-negara Afrika sendiri yang dalam negerinya juga terdapat embrio-embrio konflik. Untuk Afrika Selatan sendiri, momentum ini dapat dijadikan sebagai stabilisator damai yang masih tersisa pasca penghapusan politik Apharteid. Piala Dunia yang diamanahkan ke Afrika Selatan tahun ini dapat mempersatukan ras kulit hitam dan kulit putih dalam satu payung perdamaian. Untuk negara-negara di semenanjung Korea sendiri, untuk sesaat melupakan konflik yang sudah lama terjadi. Paling tidak untuk satu bulan kedepan rakyat Korea masih bisa merasakan hangatnya kekeluargaan dan kebersamaan mengingat mereka masih satu rumpun budaya. Sedangkan untuk negara-negara Amerika Selatan yang antikemapanan hegemoni Amerika Serikat sesaat dapat melupakan konflik yang terjadi. Semua itu dibungkus dalam satu momentum Piala Dunia. Sudah saatnya dunia ini hidup dalam damai, jauh dari konflik kepetingan, jauh dari konflik horizontal maupun vertikal. Semua elemen dunia bukan hanya PBB, akan tetapi negara-negara dunia harus ikut menciptakan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Salah satu kunci yang harus dibuka untuk dapat mewujudkan impian bersama adalah Piala Dunia. Kran-kran perdamaian melalui negara-negara peserta diharapkan mampu menahan arus perpecahan ideologi. Sudah saatnya sepak bola melalui Piala Dunia dijadikan simbol pemersatu, bukan tidak mungkin hal tersebut dapat terjadi. Perlu komitmen dan konsistensi untuk dapat merealisasikannya. Kedepan harus ada satu kesepakatn damai melalui sepakbola sebagai olahraga dunia untuk perdamaian, sehingga muncullah sebuah diktum yang mengatakan Football for Unity.

No comments:

Post a Comment