Wednesday 15 July 2009

Pasienku Koma Hipoglikemik

Udah hampir 5 hari ini pasienku koma hipoglikemik. Tiap hari di follow up masih tidak ada perbaikan KU. Pusing juga ya, punya pasien koma. Rada berat mau menjelaskan semuanya sama keluarga pasien. Tapi mau tidak mau harus tetap menjelaskan keadaan pasien yang sebenarnya. Pasien datang ke IGD, sejak di IGD sudah dalam keadaan tidak sadarkan diri ternyata setelah di cek GDS 29. Coba banyangkan?? di rumah sudah agak lama tidak sadarkan diri sehingga terlambat dibawa ke rumah sakit.

Sampai di bangsal Melati yang kebetulan menjadi tanggung jawabku ternyata dicek lagi GDS 33. Masih belum ada perbaikan KU, akan tetapi TD dan nadi stabil. Memang sich sempat naik sampai 400 sekian, dengan pemberian D 40% akan tetapi drop kembali 29 ketika diberi RL. Setiap hari di monitor dan follow up GDS tidak ada perbaikan. Malahan pasien mengalami sepsis yang semakin hari suhunya semakin tinggi. Terjadi pneumonia dengan ronki pada auskultasi dada. Udah gitu, pupil masih tidak ada respon sejak hari pertama masuk zal. Serba salah jadinya dinaikkan malah kebablasan diturunkan juga kababalasan. Sehingga memang perlu monitoring GDS agar stabil antara 150-200. Maka keluarga pasien udah bikin panik, ribut dan aaaaarrrrggghhh... Pusing. kayaknya memang harus banyak bersabar dan tekun membaca lagi..

Doakan ya semoga pasienku koma hipoglikemik bisa cepat sadar (walaupun dari keadaan pupil sudah dapat dilihat fungsi batang otaknya sudah menurun, there something in ARAS).

No comments:

Post a Comment