Friday 17 October 2008

Sekretaris Jendral PBB

Sekretaris Jendral PBB (Sekjend PBB) adalah kepala kesekratriatan salah satu bagian penting PBB. Sekjend bertindak juga sebagai juru bicara dan pemimpin PBB.


Saat ini Sekjend PBB di jabat oleh Ban Ki Moon dari Korea Selatan yang mulai bekerja pada tanggal 1 Januari 2007. Dia dan tim akan bekerja sampai tanggal 31 Desember 2001 dan dapat dipilih kembali.


Sekjend PBB dapat dipilih kembali dengan masa jabatan 5 tahun dan paling banyak menjabat sebanyak dua periode. Pemilihan Sekjend dilakukan dalam Sidang Umum atas persetujuan Dewan Keamanan. Oleh karena itu, pemilihan berdasarkan hak veto dari 5 Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB.


Syarat minimal bahasa yang harus dikuasai oleh Sekjend PBB merupakan peraturan yang harus dipenuhi, yakni bahasa Inggris dan Jerman. Sekjen PBB tidak dapat berasal dari Anggota Tetap DK PBB. Rotasi dilakukan setiap regional untuk setiap Sekjend yang terpilih.


Sebagian besar kandidat Sekjend PBB berasal dari kekuatan tengah (Middle power) dan tidak begitu dikenal. Kandidat yang high profile, sering ditolak oleh DK PBB. Sebagai contoh, figure seperti Charles de Gaulle, Dwight Eishenhower dan AnthonyEden dipertimbangkan sebagai kandidat Sekjend PBB pertama, tetapi ditolak sehingga dipilih figure Trygve Lie dari Norwegia. Karena politik Internasional dan kompromi politik, terdapat banyak kesamaan antara proses idealism untuk memilih Sekjend PBB dan hal itulah yang dilakukan organisasi internasional yang lain termasuk pemilihan Paus dalam Gereja Katolik Roma.


Pada awal 1960, pemimpin Soviet Nikita Khrushchev berusaha untuk menghapuskan posisi Sekjend. Superioritas kekuatan Negara barat dengan sistem satu Negara, satu suara menginginkan Sekjend berasal dari Negara DK PBB. Khruschev selanjutnya membuat proposal untuk mengganti Sekjend dengan tiga orang Dewan Pimpinan yang berasal dari Barat, Negara komunis dan Negara Non Blok. Ide ini gagal karena Negara netral untuk mendukung proposal tersebut.


Pada awalnya Sekjend PBB dijabat oleh Alger Hiss dari Bulan April hingga Juni 1945. Kemudian diganti oleh Gladwyn Jebb (UK, Eropa) dari 24 Oktober 1945 – 1 Februari 1946. Tugas Jebb adalah memimpin PBB sampai Sekjend definitive terpilih. Sejak awal berdiri tahun 1945 sampai sekarang terdapat 8 Sekjend PBB yaitu :


Trygve Lie (16 Juli 1896 – 30 Desember 1968)

Kebangsaan : Norwegia

Masa Jabatan : 1 Februari 1946 – 10 November 1952

Alasan penarikan : Mengundurkan diri

Lie adalah mantan menteri luar negeri dan manta pemimpin buruh yang direkomenasikan oleh Uni Sovyet untuk mengisi pos Sekjend. Setelah keterlibatan PBB dalam perang Korea, Uni Sovyet memveto Lie untuk dipilih kembali tahun 1951. US menggagalkan veto Uni Sovyet dan merekomendasikan untuk dilaksanakan Sidang Umum. Lie dipilih kembali dengan suara 46 banding 5 dan 8 abstein. Uni Sovyet kemudian terlibat perseteruan dengan Lie karena keterlibatan lie dalam perang Korea dan setelah itu Dia berhenti pada tahun 1952. Lie meninggal pada usia 72 tahun karena serangan jantung.


Dag Hammarskjold (29 Juli 1905 – 18 September 1961)

Kebangsaan : Swedia

Masa Jabatan : 10 April 1953 – 18 September 1961

Alasan penarikan : Mati kecelakaan pesawat.

Setelah rangkaian kandidat Sekjend di veto, Hammarskjold muncul sebagai pilihan yang dapat diterima oleh DK PBB. Hammarskjold dipilih kembali dengan suara bulat untuk periode kedua tahun 1957. Uni Sovyet marah dengan kepemimpinan Hammarskjold selama krisis Congo dan meyarankan posisi Sekjend diganti dengan “Troika” Tiga orang pemimpin eksekuif. Menghadapi perlawanan Negara barat Uni Sovyet mengalah terhadap usul tersebut. Hammarskjold meninggal pada usia 56 tahun karena kecelakaan pesawat yang misterius di Northern Rhodesia (Zambia) tahun 1961. President John F. Kennedy menyebut Hammarskjold sebagai “the greatest statesman of our century.”


U Thant (22 Januari 1909 – 25 November 1974)

Kebangsaan : Burma

Masa Jabatan : 30 November 1961 – 31 Desember 1971

Alasan penarikan : Berhenti karena alasan personal

Dalam proses pergantian Hammarskjold, Negara berkembang mendesak Sekjend PBB berasal dari Non UE. U Thant direkomendasikan; karena perlawanan dari prancis (That adalah ketua komite kemerdekaan Algeria) dan Arab (Burma mendukung Israel), Ia hanya sebagai pengganti Hammarskjold. Tahun berikutnya, That terpilih secara bulat untuk dipilih kembali selama 5 tahun. U That meninggal pada usia 65 tahun karena kanker Paru.


Kurt Waldheim (21 Desember 1918 – 14 Juni 2007)

Kebangsaan : Austria

Masa jabatan : 1 Januari 1972 – 1 Januari 1982

Alasan penarikan : China veto pada periode ketiga

Waldheim meluncurkan kampanye yang bijaksana dan efektif untuk menjadi Sekjend PBB. Meskipun awalnya di veto dari China dan UK pada putaran ketiga Waldheim terpilih menjadi Sekjend. Pada tahun 1976, China menghalangi pemilihan Waldheim tapi pada putaran kedua terpilih kembali. Pada tahun 1981, Waldheim terpilih kembali untuk ketiga yang dihalangi oleh China, yang diveto pemilihannya melalui 15 putaran. Pada pertengahan 1980 terungkap bahwa setelah PD 2, Komisi Kejahatan Perang PBB mencurigai Waldheim criminal perang karena keterlibatannya dengan tentara Jerman. Filenya tersimpan dalam arsip PBB. Dia meninggal pada usia 88 tahun karena gagal jantung.



Javier Perez de Cuellar (19 Januari 1920 -….)

Kebangsaan : Peru

Masa Jabatan : 1 Januari 1982 – 1 Januari 1992

Alasan penarikan : menolak pencalonan pada periode ketiga

Perez terpilih setlah 6 minggu terjadi deadlock antara pemilihan Waldheim dan kandidat China, Salim salim dari Tanzania. Perez seorang diplomat peru terpilih kembali secara bulat pada tahun 1986. Selama masa kepemimpinannya, dia bertindak sebagai penengah antara Britania dengan Argentina sebagai dampak dari perang Falkland, negosiasi kemerdekaan Namibia, Sejak kematian Waldheim, Perez menjadi Sekjend PBB yang paling tua hingga saat ini.


Boutros Boutros Ghali (14 November 1922 - …)

Kebangsaan : Mesir

Masa Jabatan : 1 Januari 1992 – 31 Desember 1996

Alasan Penarikan : Veto US pada pencalonan kedua

Sebanyak 102 anggota Non Blok meminta bahwa Sekjend PBB berasal dari Afrika. Dengan jumlah mayoritas dan dukungan dari China pada Sidang Umum PBB, Non Blok menghalangi kandidat yang tidak diingkinkan. DK PBB melakukan pemilihan tanpa nama yang dicantumkan dan Ghali muncul dengan 11 suara pada putaran kelima. Pada tahun 1996 U.S memveto Ghali pada pemilihan yang kedua, karena dianggap gagal dalam mengimplementasikan reformasi di tubuh PBB. Tetapi Ghali merespon bahwa Dia member sumber daya yang tidak adekuat karena hutang yang cukup besar kepada PBB seperti Amerika. Dengan ini, PBB mengalami dua kejadian penginaan terburuk dalam sejarah, pembantaian masal jutaan rakyat Rwanda tahun 1994 lepas dari pengamatan PBB, pembantaian tahun 1995, 10.000 etnis Bosnia (muslim) dalam zona aman PBB termasuk Srebrenica. Dengan dua kasus tersebut merupakan tanggung jawab Ghali.


Kofi Anan (8 April 1938 - …)

Kebangsaan : Ghana

Masa jabatan : 1 Januari 1997 – 31 Desember 2006

Alasan Penarikan : Berhenti

Anan adalah kepala Departemen Operasi Penjaga Perdamaian sebelum terpilih sebagai Sekjend. Tahun 2001, setelah implementasi perubahan seperti fiscal bertanggung jawab terhadap anggaran, anan terpilih secara mutlak pada periode kedua.


Ban Ki Moon

Kebangsaan : Korea Selatan

Masa jabatan : 1 januari 2007 – 1 Januari 2012

No comments:

Post a Comment