Wednesday 25 May 2011

Kok tidak ambil spesialis..??

Sekali lagi, pertanyaan itu selalu muncul ketika berinterkasi dengan orang baru di lingkungan tempat tinggal. Yang terakhir berbicara adalah Pak HS (pembimbing tesis master di UGM). Bukan hanya sekali dan dua kali ini, hampir semua orang yang ku temui selalu bertanya seperti itu, mulai dari teman kuliah, teman-teman di HMI dan bahkan dosenku di kampus. Dalam hati aku hanya bisa menjawab dengan nurani bahwa saya sebenarnya juga pingin ambil spesialis namun terkendala dengan finansial.

Walaupun lisan ini berkata diplomatis, "ingin mencari tantangan baru" ini semua merupakan kiasan lisan yang mengabaikan teriakan hati. Sesungguhnya memang ada niat dari dalam hati untuk melanjutkan spesialis namun apa daya hidup adalah pilihan. Kita di tuntut untuk berani mengambil pilihan diantara banyak pilihan yang cukup sulit. Dibutuhkan keberanian untuk berani bersikap dan bertindak.

Mungkin untuk saat ini cita-cita itu sulit untuk di capai, namun saya hanya bisa berdoa supaya nanti anak-anakku dapat melanjutkan cita-cita ku yang sempat tertunda walaupun sebenarnya pintu untuk spesialis masih terbuka melalui beasiswa depkes atau dikti namun ikatan dinas yang cukup mengekang membuat semuanya menjadi sulit. Memang hidup adalah pilihan. Saya coba menjadi pakar kesehatanh kerja dengan cita-cita membuat konsultan K3 di Industri. Sampai usia 30 tahun belum juga mapan mau tidak mau banting stir ambil spesialis. Bismillah semoga Alloh selalu meridhoi niat baik hamba. Amien..

No comments:

Post a Comment