Monday 6 April 2009

Selamat Merayakan Pesta Demokrasi 2009

Masa kampanya telah usai. Saatnya 3 hari masa tenang dimana seluruh parpol melepas atribut kepartaiannya yang telah terpasang dan terpampang disetiap sudut jalan-jalan di kota. Baik dari atribut bendera sampai atribut caleg yang selalu menghiasi setiap sudut tembok dinding gang rumah anda. Masa kampanye yang berlangsung hampir satu bulan dengan masing-masing parpol mengeluarkan jurkamnya masing-masing dengan segudang janji yang keluar dari mulut manis para penjual janji. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa secara logika berfikir hal itu sah-sah saja karena kita berada dalam sistem demokrasi liberal.

Dalam sistem Domokrasi liberal setiap warga berhak mendirikan partai untuk meraih kekuasaan. Bukan hanya ambisi yng dibalut semangat penindasan dan kehancuran untuk meyakinkan konstituen. Setiap warga negara juga harus memiliki uang untuk dapat berbicara banyak dalam tataran elit politik nasional. Siapa yang punya duit banyak, dia akan mempunyai masa yang banyak pula. Siapa yang koceknya kering, dia akan tergerus dengan arus demokrasi liberal yang deras.

Masa tenag tiga hari diberikan oleh KPU bagi setiap parpol untuk merefleksikan diri dengan sungguh-sungguh dan menelaah program dan janji-janji yang sempat terlontar dari mulut. Tapi secara naluriah karena konteksnya adalah mencari kekuasaan, masa tenang malah dimanfaatkan oleh sebagian parpol untuk konsolidasi secara hidden karena moment pemilu tidak ingin dilewatkan sedikitpun untuk mencari dukungan konstituen.

Silahkan masing-masing kita memilih mana parpol yang baik sesuai dengan platform, visi dan misi yang ditawarkan. Jangan mudah terpengaruh dan ternodai oleh oknum yang ingin memutarbalikkan fakta dengan janji manis tanpa realisasi yang jelas. Kebebasan individu untuk memilih dan dipilih dijamin oleh UUD 1945 dan deklarasi hak asasi manusia.

Akhir kata, apakah yang dikatakan oleh para filsuf yunani kuno Vox Populi, Vox Dei dapat menjadi sebuah realisasi atau itu hanya akan mentah dalam tataran wacana semu yang dalam sekejap saja dapat usang. Andalah yang dapat menjawabnya. Selamat berpesta demokrasi!!??

No comments:

Post a Comment