Friday 1 June 2012

Jangan Brongkos

Beberapa hari yang lalu sempat masak brongkos, dan kebetulan resep masakan itu saya dapat dari mbah. Karena waktu zaman muda mbah saya jago masak, dan masakannya terkenal sedap akhirnya saya banyak belajar dari beliau cara memasak yang enak. Satu diantara masakan favorit saya yang saya ambil dari mbah adalah brongkos. Setelah masak, saya coba jadikan DP blackberry dan respon teman-teman sangat banyak sehingga saya coba tulis resep masakan itu di rumah saya ini. Mari kita simak.

Bahan
150 gram tetelan
5 biji tahu dipotong dadu
100 gram kacang merah
100 gram buncis 
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 biji cabe rawit
3 biji cabe besar
300 ml santan kelapa kental
1 sdm ketumbar
3 biji kapulaga
2 sdm minyak goreng
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
1 ruas daun sereh
2 biji daun jeruk purut
1 ruas kunyit
1 ruas kayu manis
 4 biji kluwak

Bahan yang dihalukan
bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe besar, ketumbar, garam secukupnya diulek halus setelah itu masukan kunyit, jahe, sama kluwak. Lengkuas, dan jeruk purut dan daun sereh di geprek. Tampilan setelah halus akan berwarna hitam karena terdapat campuran kluwak. 

Cara Memasak
  1. Siapkan 2 sdm minyak goreng, seluruh bahan yang dihaluskan di masak di wajan
  2. Setelah matang masukkan buncis yang sudah dipotong-potong. Masak hingga matang.
  3. Rebus tetelan, kacang merah didalam 1000 ml air, masak hingga matang dan empuk.
  4. Setelah matang dan empuk, masukkan bahan bumbu yang sudah masak tadi ke dalam air rebusan tetelan.
  5. Masukkan 300 ml santan kelapa ke dalam panci tersebut aduk jangan sampai pecah.
  6. Masukkan tahu dan beri kayu manis
  7. Masak hingga mendidih dan beri tambahan garam jika kurang asin ya, karena tadi garamnya dipakai cuma sedikit untuk menghaluskan bumbu.
Selamat mencoba... :) :) :)

No comments:

Post a Comment