Tuesday 5 August 2008

IJP Selemat Menempuh Hidup Baru

Dalam kereta listrik yang mengantarkan saya pulang dari kantor di kawasan Cikini Menteng ke Depok pekan lalu, telepon genggam saya berbunyi memberitahukan ada panggilan masuk dari keluarga dekat. Segera saya membukanya dan melihat nama analis politik CSIS Indra Jaya Piliang memanggil. Saya segera menjawab, maklumlah ini pasti ada kabar dari keluarga kepada kerabatnya yang lain. Setelah berbasa basi menanyakan keadaan dan sedang berada dimana, saya segera mendapatkan permintaan Indra untuk mau bertemu keesokan harinya di sebuah warung minum teh di kawasan Senopati Jakarta Selatan. 

Secara hirarki kekeluargaan, memang saya berada satu generasi diatas generasi IJP, saya adalah adik ibunya Indra dari nenek kami yang sama, namun secara hirarki profesi, IJP adalah atasan saya di Yayasan Harkat Bangsa Indonesia Centre yang dulunya bernama YHB Centre. IJP adalah Direktur Eksekutif sementara saya hanyalah staf dengan posisi semenjana di LSM penelitian tentang politik, otonomi daerah dan parlemen lokal itu. 

Jadilah keesok harinya saya, dan IJP bertemu dengan beberapa staf peneliti YHB lainnya, ada ES Ito yang pengarang buku laris manis Negara Kelima dan Rahasia Mede, dan beberapa saat juga datang peneliti politik LSI Miftah N Sabri serta beberapa teman lain.

Pokok pembicaraan kami adalah IJP secara resmi mengumumkan kepada YHB Indonesia bahwa ia akan segera mengakhiri kesehariannya sebagai peneliti/analis politik dan perubahan sosial di tanah air untuk kemudian menjadi seorang politisi. “Ambo nio jadi caleg dan partainyo alah ado,” begitu kata IJP kepada saya siang itu. 

Kontan pernyataan yang tiba tiba ini membuat saya kaget, apa kata dunia nanti jika seorang IJP yang selama ini memakai jaket netral dan menjadi komentator pertandingan politik kini malah berubah menjadi pemain politik, tentu ini sebuah berita besar dan sudah barang tentu membuat dunia ilmuan politik menjadi kehilangan seorang analis yang tajam, dengan komentar dan pernyataan yang berani.

Memang, menjadi pemain politik sebenarnya bukan hal baru bagi IJP, pada tahun 1998 lalu, ketika Amien Rais dan bersama aktifis gerakan pro reformasi lainnya mendirikan Partai Amanat Nasional (PAN), IJP sudah masuk sebagai fungsionaris di partai itu meski kemudian pada tahun 2001 ketika Kongres PAN ia bersama Faisal Basri dan beberapa nama lainnya menyatakan keluar dari PAN karena alasan perbedaan pandangan.  

Dalam rentang waktu hampir sewindu lamanya IJP kemudian lebih dikenal sebagai analis politik/perubahan sosial dan orang yang sering dimintai komentarnya tentang situasi politik dan pemerintahan baik oleh media cetak maupun elektronik. 

Bagi saya ketika berbicara dan bertanya kepada Indra apa yang membuat ia kemudian memutar haluan hidupnya dari seorang analis politik ke politisi, dari pengamat ke pemain dan dari pinggir lapangan ke dalam lapangan. Ia hanya menjawab singkat, bahwa sudah saatnya ia masuk ke gelanggang politik. 

Saya jadi ingat tulisan yang tidak sempat saya kirimkan ke media massa, tentang tantangan saya kepada cendikiawan muda untuk berpolitik. Meski sebelumnya sudah ada Rama (Pratama-pen), Anas (Urbaninggrum) dan banyak nama lainnya.

Namun bagi saya sinyal yang dikirim oleh Rama dengan berhasil menaklukan DKI Jakarta pada pemilu legislatif tahun 2004 lalu, serta sinyal kuat lainnya dari Anas yang menjadi bagian dari partai pemerintah tidak serta merta merubah keinginan anak muda lain untuk berpolitik. Stimulasi serupa juga dilakukan oleh bukti otentik penentang Orde Baru Bung Budiman Sudjatmiko dengan memulai dari organisasi sayap PDI-P dengan REPDEMnya. 

Saya kira, Indra telah memberi sinyal lain kepada kaum intelektual muda untuk mau terjun ke politik praktis dengan menggunakan kendaraan partai politik. Jika Fadjroel Rahman, Ratna Sarumpaet, Rizal “Celly” Malarangeng memilih untuk mengajak kaum muda untuk maju secara sendiri-sendiri, namun tidak demikian dengan Indra. Tanpa partai politik saat ini, keniscayaan akan terpilih masih jauh dari harapan. 

Partai (menurut hemat saya) masih menjadi alat untuk mencapai kekuasaan. Saya juga tidak hendak mematahkan semangat sebagian calon indipenden yang saat ini tengah berlaga di pilkada langsung khususnya di Padang bahwa tanpa partai mereka tidak akan ada apa apanya. Namun berpartai saat ini adalah solusi untuk itu yang masih cukup ampuh.

Hari ini atau tepatnya pagi ini Indra akan menyampaikan pidato politik pertamanya sebagai seorang politisi. Untuk kemudian Indra tidak lagi kita sebut sebagai IJP yang peneliti politik atau orang CSIS, namun Indra atau IJP yang politisi Partai Golkar. Indra juga menyebutkan konseksuensi dari pilihannya tersebut. 

Saya pernah bertanya kepada Indra, kenapa kendaraan politiknya Golkar, kok tidak partai lain semisal kembali ke “rumah” PAN, atau ke PBB karena secara historis dan emosional kami sekeluarga lebih dekat ke Masyumi yang bereinkarnasi dalam bentuk PBB, atau ke partai politik baru yang lahir sebagai alternative dari partai politik lama. Indra hanya menjawab bukankah sudah membaca hasil hasil survey dari lembaga lembaga survey terkemuka. Selain itu, dibalik ini semua, ada aktor lain yang memasukkan Indra ke Partai Golkar. 

Indra dalam pidato politiknya yang dibacakan hari ini dan saya diberi kehormatan untuk membacanya lebih dahulu bersama Benny Innayatullah peneliti politik dan perubahan di The Indonesian Institue dan ES Ito serta Miftah di YHB Indonesia menyebutkan nama nama seperti Prof.Dr.Azyumardi Azra, dan Prof.Dr.Djohermansyah Djohan mempunyai andil dalam memasukkan nama namanya kedalam Partai Golkar. 

Hari ini, kabar telah sampai ke gelanggang, Indra sudah mengikatkan dirinya pada Partai Golkar, dan saya berharap ini adalah “pernikahan” terakhir Indra dengan partai politik. Cukuplah ia menghabiskan sisa umur politiknya dan menjalani hari hari demi dengan partai ini. 

Ketika alasan sudah dipaparkan oleh IJP, dukungan dari ranahminang seperti shalat mencari imam, tak ada yang perlu menggugatkannya. Justru dengan doa restu yang tulus. Seorang anak nagari yang berangkat lagi ke Jakarta sana membawa sekeranjang harapan dari daerah…  
Akhirnya saya mengakhiri tulisan ini dengan mengucapkan, selamat menempuh hidup baru pada Indra Jaya Piliang. Politisi yang lahir dari rahim reformasi. 


No comments:

Post a Comment